sop
Assalamualaikum, Wr.Wb
Pasti kalian tau dong tentang SOP, pernah mengalami kesalahan kerja
Kali ini saya akan menjelaskan menggunakan SOP.
A. Pendahuluan
- Pengertian
Standar
Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan
prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu
pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling
efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.
- Latar Belakang dan Batasan Permasalahan
Setiap
perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun jenisnya, membutuhkan sebuah
panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit
perusahaan. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah sistem yang
disusun untuk memudahkan, merapihkan dan menertibkan pekerjaan. Sistem
ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.
- Maksud dan Tujuan
- Tujuan dan Fungsi SOP
Tujuan
pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang
tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang
diselenggarakan dalam suatu organisasi. SOP yang baik adalah SOP yang
mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik, menjadi panduan untuk
karyawan baru, penghematan biaya, memudahkan pengawasan, serta
mengakibatkan koordinasi yang baik antara bagian-bagian yang berlainan
dalam perusahaan.
- Manfaat SOP
SOP
atau yang sering disebut sebagai prosedur tetap (protap) adalah
penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana dan
oleh siapa dan dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses
pelaksanaan kegiatan oleh pegawai yang akan mengganggu kinerja
organisasi (instansi pemerintah) secara keseluruhan.
- Hasil yang diharapkan
Dengan
pengetahuan yang dimiliki mengenai SOP maka diharapkan bisa dijadikan
sebagai pedoman dan juga diimplementasikan secara optimal dalam bekerja.
B. Alat dan Bahan
- Lembaga/instansi beserta SOP yang telah dibuat.
- Tenaga kerja (SDM) yang melaksanakan SOP.
C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Sesuai perencanaan waktu yang akan ditempuh untuk menuju target sesuai ketentuan.
D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan
- Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, antara lain sebagai berikut:
- Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
- Membuat rancangan awal.
- Melakukan evaluasi internal.
- Melakukan evaluasi eksternal.
- Melakukan uji coba.
- Menempatkan prosedur pada unit terkait.
- Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.
- Penerapan SOP dalam manajemen perkantoran :
- Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
- Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
- Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
- Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.
E. Hasil yang didapatkan
Mengetahui konsep dari SOP dan mendapat gambaran bahwa dalam bekerja harus sesuai SOP.
F. Kesimpulan yang didapatkan
SOP
merupakan pedoman yang dibuat oleh setiap instansi bagi tenaga
kerja/sumber dayanya agar kinerjanya lebih terorganisir dan efektif guna
mencapai hasil yang optimal.
G. Referensi dan Daftar Pustaka
- Portal BLC Telkom Klaten “PENGERTIAN_STANDAR_ OPERASIONAL_PROSEDUR”.
- http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-tujuan-fungsi-dan-manfaat-sop.html.
Sekian Dari saya...!!!
Wassalamualaikum, Wr.Wb
Komentar
Posting Komentar