Apa itu Bandwith Throughput dan Goodput?

Apa itu Bandwith Throughput dan Goodput?


OK gays di sini saya akan menjelaskan apa itu Bandwith , Throughput dan Goodput , saya ambil contoh ketika kalian pernah mengecek koneksi dengan speed test di website maupun aplikasi android , dari speed test itu kalian akan mendapatkan informasi berapa besar jumlah bandwith kalian, ingat bandwith bukan jumlah sebenarnya pada internet, yang jumlah sebenarnya dan yang dapat kita rasakan dengan kata lain kita browsing,streaming dan download itu kalian menggunakan Goodput bukan Bandwith ataupun Throughput .

Ok langsung aja kita bahas apa penjelasan dari Bandwith, Throughput dan Goodput .

Pengertian

A. Bandwidth
Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam satuan waktu tertentu, biasanya diukur dalam orde detik. Aliran data yang dimaksud bisa berupa informasi analog ataupun digital akan tetapi karena eranya sekarang digital maka ukuran bandwidth sudah terlalu lazim untuk pengukuran aliran data digital. Satuan yang dipakai dalam pengukuran data digital bandwidth adalah bit per second disingkat bps.

B. Throughput
Throughput adalah ukuran dari transfer bit di media selama jangka waktu tertentu/ jumlah data sementara. Karena sejumlah faktor, throughput biasanya tidak sesuai dengan bandwidth yang ditentukan dalam implementasi lapisan fisik seperti Ethernet. Banyak faktor yang mempengaruhi throughput. Diantara faktor-faktor tersebut jumlah lalu lintas, jenis lalu lintas, dan jumlah perangkat jaringan ditemui pada jaringan yang diukur. Dalam topologi multi-access seperti Ethernet, node bersaing untuk akses media dan penggunaannya. Oleh karena itu, throughput masing node terdegradasi penggunaan media meningkat.

C. Goodput
Goodput adalah ukuran data yang ditransfer yang dapat digunakan selama jangka waktu tertentu/jumlah data sementara yang dapat kita rasakan, dan karena itu ukuran yang paling menarik bagi pengguna jaringan. Seperti ditunjukkan dalam gambar, goodput mengukur efektif transfer data pengguna antara entitas lapisan aplikasi, seperti antara proses sumber web server dan web browser perangkat tujuan.

Dari pengertian di atas bisa kita ibaratkan, karna saya anak kost jadi saya ibaratkan dengan uang kost ,

Saya di kasih uang 300.000 , kemudian di potong uang kost 170.0000 selama 1 bulan , 300.000 - 170.000 = 130.000 kemudian 130.000 ini di potong lagi dengan uang jajan saya selama 1 bulan , misal uang jajan saya selama 1 bulan 100.000, jadi 130.000-100.000 = 30.000 . Nah saya simpulkan ke dalam Bandwith,Throughput dan Goodput , 300.000 Bandwith nya , 170.000 Throughput nya dan 30.000 Goodput nya, gimana nyambung kan ?

Alat dan Bahan
Bisa kalian cek di sini http://www.speedtest.net

Penemuan Permasalahan
----

Referensi
http://fauziyahana.blogspot.co.id/2014/07/perbedaan-dari-bandwidth-throughput-dan.html

Komentar

Postingan Populer